Selasa, 30 April 2013

Andai Aku Menjadi Menteri Perekonomian


Jika saya disuruh berandai-andai untuk menjadi menteri perekonomian hmm tentu saja itu bukan tugas yang mudah. Menjadi seorang menteri perekonomian harus mempunyai tanggung jawab yang besar agar dapat memajukan perekonomian Indonesia menjadi lebih baik. Tidaklah mudah untuk mengatur perekonomian suatu bangsa yang besar seperti bangsa Indonesia ini.  Sebelum saya membahas terlalu jauh, ada baiknya kita terlebih dahulu mengerti apa saja fungsi  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) yaitu:
1.  Mengkoordinasikan para menteri negara dan pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian dalam keterpaduan pelaksanaan tugas di bidang perekonomian, termasuk pemecahan permasalahan dalam pelaksanaan tugas;
2.  Pengkoordinasian dan peningkatan keterpaduan dalam penyiapan dan perumusan kebijakan pemerintah, penyusunan rencana, program dan kegiatan kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian di bidang perekonomian;
3.  Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden

Mungkin langkah awal yang akan saya lakukan jika menjadi menteri perekonomian adalah memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sangat kaya akan sumber daya alamnya tetapi tidak di maksimalkan dengan baik. Sumber daya alam dan tingkat perekonomian suatu negara memiliki kaitan erat, dimana kekayaan sumber daya alam secara teoritis akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang pesat. Akan tetapi, pada kenyataannya hal tersebut sangat bertentangan karena Negara- Negara di dunia yang kaya akan sumber daya alamnya seringkali merupakan Negara dengan tingkat ekonomi yang rendah. 

Lalu kemudian saya juga akan menciptakan atau membangun lapangan pekerjaan. Karena dimana di negara kita ini banyak sekali pengangguran dan pengemis yang tidak diperhatikan oleh negara Indonesia. Dengan cara itu, kemiskinan yang diakibatan oleh pengangguran bisa diatasi. Dan mungkin pengemis atau rakyat miskin akan berkurang, karena mereka sudah mempunyai penghasilan tetap yang pastinya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari. 

Dampak pengangguran terhadap perekonomian suatu negara yaitu masyarakat tidak dapat memaksimalkan tingkat kemakmuran yang dicapinya. Hal ini terjadi karena pengangguran dapat menyebabkan pendapatan nasional riil (nyata) yang dicapai masyarakat akan lebih rendah daripada pendapatan potensial (pendapatan yang seharusnya). Lalu pengangguran juga akan menyebabkan pendapatan nasional yang berasal dari sektor pajak berkurang dan pengangguran tidak menggalakan pertumbuhan ekonomi akibatnya tingkat investasi menurun sehingga pertumbuhan ekonomi pun tidak akan terpacu.

            Seperti kita lihat saat ini Indonesia sedang diberitakan tentang masalah kenaikan harga BBM itu dilakukan pemerintah untuk menaikkan pendapatan negara tapi jika kita lihat apabila harga BBM dinaikkan akan mengakibatkan masyarakat yang berpendapatan rendah tidak dapat menjangkau harga barang, karena harga barang mengalami kenaikan biarpun hal tersebut tidak efisien tapi tidak ada yang bisa dilakukan pemerintah untuk mencegah menipisnya pendapatan negara dan karena hal itu dapat menyebabkan negara indonesia akan mengalami inflasi yang rendah.

            Dilihat dari sektor agraris, kurangnya perhatian terhadap petani di Indonesia juga menyebabkan turunnya perekonomian (kesejahteraan petani) dapat dilihat dari banyaknya beras import yang masuk ke Indonesia dan mahalnya keperluan untuk pertanian  sedangkan harga jual tidak sebanding dengan hasil pengeluaran yang mereka alami saat bertani. Hal itu menyebabkan kurangnya minat para petani kita untuk melakukan kegiatan menanam padi dan menyebabkan beras lokal tidak banyak diproduksi lagi.

Menjadi menteri perekonomian memang tidak mudah,  itulah beberapa macam hal yang akan saya atasi jika saya menjadi seorang menteri perekonomian. Saya berharap agar perekonomian di Indonesia semakin merata dan semakin maju dalam berbagai aspek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar