Jumat, 05 April 2013

Bagaimana Cara Membenahi Hukum Ekonomi di Indonesia

Hukum dan ekonomi mempunyai keterkaitan yang erat. Tanpa adanya hukum yang baik, perekonomian di suatu negara tidak dapat berjalan lancar. Pertama saya akan jelaskan pengertian mengenai hukum ekonomi. Hukum ekonomi adalah suatu sistem yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu perekonomian suatu negara. Dengan adanya hukum ekonomi tersebut, suatu perekonomian akan terdapat penjagaan-penjagaan yang dapat mengarahkan suatu perekonomian ke arah yang baik. Hal ini dikarenakan suatu hukum ekonomi apabila terdapat pelanggaran terhadap hukum tersebut, maka akan diberikan sanksi yang sesuai dengan hukum yang telah diberlakukan.

    Perekonomian suatu negara dapat berjalan dengan baik salah satunya adalah dikarenakan hukum ekonomi yang baik pula.  Negara yang menjunjung tinggi penegakan hukum ekonomi dijalankan atas dasar hukum yang adil dan baik maka perekonomian Negara tersebut akan berjalan dengan lancar.

      Menurut saya perekonomian di Indonesia masih banyak sekali yang harus dibenahi. Hal itu dikarenakan masih banyaknya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh pelaku-pelaku perekonomian yang menghambat perkembangan ekonomi di Indonesia.

      Mungkin solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk membenahi hukum Indonesia adalah dengan memperbaiki sistem perekonomian di Indonesia, memberantas segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme yang tidak pada tempatnya.

Pembenahan hukum ekonomi di Indonesia juga harus diawali dari diri kita sendiri. Hal ini di karenakan untuk menjadi negara dengan ekonomi yang kuat kita harus mengawalinya dari diri kita sendiri karena tanpa kesadaran dari diri sendiri hukum tak akan pernah berjalan dengan seutuhnya.

        Menurut saya untuk membangunkan gairah perekonomian di Indonesia bisa kita awali dengan cara mulai dari berpikir maju, ciptakan usaha atau bisnis yang hasilnya bisa sedikitnya memperbaiki perekonomian Indonesia. Dengan banyaknya pengusaha yang sukses mendirikan perusahaan, otomatis disamping mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan juga menambah penghasilan negara juga. Intinya kita mulai dari diri kita pribadi, memutar otak kita untuk mencari cara agar ekonomi indonesia dapat membaik. Karena hal ini juga lah yang memperngaruhi keadaan ekonomi negara.

Lalu bagaimana caranya agar dapat menarik investor asing?
  
Salah satu faktor yang berpengaruh dalam perekonomian Indonesia adalah investor asing. Investor asing berpengaruh kuat untuk memperbaiki perekonomian Indonesia. Tetapi harus diperhatikan pula trik-trik jitu agar para investor asing mau berinvestasi di Indonesia. Dengan melakukan cara-cara tersebut para investor asing atau dari luar negeri dengan sangat mudah masuk ke Indonesia, dan para investor asing akan sering berinvestasi ke Indonesia dan sering melakukan kerja sama dengan perusahaan yang berada Indonesia atau perusahaan-perusahaan kepercayaan yang para investor sudah menanam sahamnya 

Berikut adalah cara-cara agar dapat menarik investor asing agar mau berinvestasi di Indonesia antara lain :

1.     Meningkatkan Iklim Investasi
Yang intinya adalah peningkatan investasi dimana para investor tidak takut ataupun khawatir jika pendapatannya hilang jika mereka berbisnis di Indonesia, maka dari itu sangat perlu adanya ketegasan hukum.

2.     Efesiensi Logistik
Pemerintah telah menyiapkan rancangan “ Sistem Logistik Nasional” atau yang sering disingkat dengan istilah “SISLOKNAS” seiring dan sejalan dengan transportasi nasional.

3.     Meningkatkan Iklim Kompetensi di Beberapa Daerah
Untuk menarik minat investor memang ada persaingan antara pemerintah lokal, iklim kompetisi yang seperti ini baiknya lebih ditingkatkan agar para investor banyak yang datang dan mau berinvestasi di Indonesia.

Meskipun demikian, masuknya investor asing ke Indonesia tidak selalu membawa dampak positif, ada juga dampak negatifnya. Diantaranya banyak pedagang kecil yang harus gulung tikar karena sekarang banyak berdiri toko-toko yang jauh lebih modern, lebih nyaman, lebih besar dari tokonya. Semua pelanggan yang tadinya belanja ditokonya kini pindah ke toko  perusahaan milik orang asing.

Maka dari itu yang harus diperhatikan oleh pemerintah adalah perbaikan sistem hukum perekonomiannya. Dan juga mendukung usaha-usaha mengenai produk buatan Indonesia. Dengan demikian, jika produk buatan Indonesia sudah bisa masuk pasar Internasional, maka keberadaan investor asing pun tidak diragukan lagi.


Veronica Intan Dwi Christanti Mada
27211263/2EB01
Aspek Hukum dalam Ekonomi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar