Jumat, 14 Juni 2013

Tips Menjadi Kaya

Menjadi sukses dalam pengertian material (baca: menjadi kaya) adalah dambaan semua orang.   Bahkan istilah financial freedom ( kebebasan keuangan) dalam beberapa tahun terakhir menjadi sangat terkenal dan diajarkan.  Artinya, suatu kondisi dimana seseorang bisa melakukan apapun dan kapapun karena memiliki sumber keuangan yang tidak terbatas.   Meskipun tentunya keuangan bukan satu-satunya parameter, tapi untuk menjadi  apa yang kita mau keuangan adalah kunci utama (dalam konteks ini).

Financial freedom is much more than having money. It’s the freedom to be who you really are and do what you really want in life (www.richdad.com)

Ironisnya, ketika satu orang mampu menghasilkan di angka fantastis Milyar bahkan Triliun per tahun, masih banyak orang-orang yang tidak mampu untuk menghasilkan sebesar itu.  Bahkan cenderung berpendapatan MINUS.   Apakah memang ada rahasianya untuk menjadi kaya?

Motivator-motivator dengan bayaran yang “luar biasa”, alih-alih membuat orang kaya malah memperkaya diri sendiri.   Mereka menjual mimpi!  Tapi apakah rahasianya cuma bermimpi, tekun, kerja keras, bahasa-bahasa klise yang lain?

The science of being rich (ilmu menjadi kaya) bisa dipelajari dan bisa disistematikan.  Soft skill adalah bagian dari ilmu yang harus dimiliki untuk menjadi kaya.  Tetapi, hard skill tetap adalah kunci penting untuk menjadi kaya.  Yang saya amati, semua orang bermimpi menjadi berhasil dan kaya tapi tidak pernah MENYIAPKAN DIRI Menjadi berhasil dan kaya.

Analoginya adalah seperti pesawat terbang mendarat, harus ada airport yang dibuat terlebih dahulu. Semakin besar pesawatnya, semakin besar aiportnya.

Skill atau Kemampuan apa saja yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi kaya? Ada tiga hal utama yang menurut saya ada HARUS dimiliki dan pasti dimiliki orang-orang yang sudah berhasil secara keuangan.
  1. Life Skill
  2. Financial Quotient
  3. Entreprenuer Spirit
Belum pernah saya ketemu investor yang tidak mengerti kehidupan, cerdas secara keuangan, dan semangat wirausaha yang menyala.   Baik secara formal melalui pendidikan, maupun pandai dari jalan (street smart) pada ahkirnya, ke tiga variabel sukses itu selalu ada.

*beberapa sumber diambila dari Kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar