Selasa, 22 Januari 2013

Buah Asli Indonesia

Ini adalah makanan sehat yang rasanya segar, bergizi tinggi, asyik di jus, dan menjadi dessert wajib kita yaitu buah-buahan. Buah yang sering kita makan ternyata banyak yang asli Indonesia loh.

Durian. Banyak yang tidak tahu kalau buah yang dijuluki King of Fruit ini berasal dari Indonesia. Durian yang khas dengan wangi yang menyengat ini ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Kelezatan rasanya, membuat negara lain berlomba-lomba membudidayakannya. Sekarang ada ratusan varian durian yang tersebar di seluruh dunia.

Manggis. Buah yang awalnya ditemukan di daerah Kalimantan dan Jawa Barat ini rasanya asam-manis yang sangat segar. Selain itu buah keunguan ini juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bagus untuk tubuh kita.

Kedondong. Buah dengan biji berduri alias kedondong berasal dari belahan timur Indonesia. Di dunia Internasional, buah dengan kedahsyatan rasa masamnya disebut dengan nama Ambrella. Kemudian kedondong diperkenalkan ke mancanegara, mulai dari Australia samapai Jamaica.

Jambu Air. Jambu air dihasilkan dari pepohonan tropis Indonesia. Bunganya berwarna putih, sedangkan buahnya yang berbentuk mirip bel punya variasai warna keputihan, merah dan hijau, tergantung pada jenisnnya. Biasanya, jambu berwarna merah memiliki rasa paling manis. Jambu air dikenal mancanegara dengan nama Java Apple. Di beberapa negara, jambu dibuat menjadi buah untuk salad.

Pisang. Pisang adalah buah asli Indonesia. Buah yang sekarang diolah menjadi macam-macam dessert seperti banana split, banana cake, atau banana pudding ini mulai dibawa ke Eropa. Sekarang Amerika Latin-lah yang menjadi produsen terbesar, karena menguasai 65% produksi pisang dunia. Buah ini dipercaya juga dapat menambah energi.

Rambutan. Karena kulitnya seperti ditumbuhi rambut., maka buah asli Indonesia ini dikenal dengan nama rambutan. Pada zaman dahulu, Indonesia pernah mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat. Tapi sayangnya, rambutan nggak bisa hidup di sana. Sekarang beberapa negara, seperti Thailand dan Malaysia terkenal sebagai pengekspor rambutan yang sudah dikemas dalam kaleng.

Salak. Buah salak disebut dnegan snake fruit karena kulitnya yang bersisik. Buah ini berasal dari Indonesia, bahkan salah satu variannya, salak condet, menjadi identitas Kota Jakarta. Ada aneka macam rasa salak, mulai dari yang manis, sepat, asam, atau gabungan keempatnya. Tetapi banyak yang mengiri buah ini berasal dari Thailand atau Malaysia. Padahal buah ini asli Indonesia loh.

Duku. Buah duku yang berbentuk bulat kecil berwarna kekuningan ini merupakan salah satu buah asli kebanggaan Indonesia. Pohonnya dijadikan flora identitas provinsi Sumatera Sealatan. Biasanya duku dipanen setahun sekali. Di dalam negeri dan Asia duku banyak diminati, tapi sayang ekspornya belum menembus pasar Amerika dan Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar