Selasa, 22 Januari 2013

Cara-Cara Untuk Menyelamatkan Bumi



Nongkrong dan main bareng sahabat memang seru sekali! Tapi sayangnya banyak dari kegiatan kita itu justru membuat bumi jadi makin cemberut. Berikut adalah cara-cara kecil tapi bermanfaat besar untuk menyelamatkan bumi kita.

Kegiatan tanam pohon
Kegiatan menanam pohon/tanaman memang dapat memperbanyak produksi oksigen. Selain sering ikut kegiatan tanam pohon kita juga diwajibkan untuk menanam beberapa pohon di sekitar halaman rumah. Walaupun kecil efeknya, setidaknya kita sudah membantu sedikit dan membuat udara di bumi ini lebih segar.

Menghemat air
Air adalah hal utama dalam kehidupan manusia. Maka kita harus menghemat air agar jumlah air tidak berkurang. Misalnya, ketika mencuci tangan di wastafel, kita selalu berusaha untuk mengambil sabunnya dulu sebelum membuka keran. Meskipun agak lengket, setidaknya kita hanya buka keran sekali dan sedikit mengirit air.

Memakan makanan lokal
Kurangi makanan di restoran franchise dan mulai makan di restoran lokal. Pasalnya, restoran franchise dari luar negeri yang sering kita singgahi itu mengimpor sebagian bahan mentah atau pun kemasannya dari luar negeri. Coba deh bayangin berapa banyak bensin yang mesti dikeluarkan hanya untuk mengirim gelas kopi yang kita minum? Selain membantu menyelamatkan bumi, kita juga dapat membantu memajukan usaha bangsa kita sendiri.

Bike to campus
Bensin yang kita gunakan setiap hari untuk pergi ke kampus tanpa kita sadari bikin bumi kita menjadi panas. Kebayang kan berapa banyak bensin yang dipakai seluruh penduduk di dunia? Kalau kebetulan rumah kita tidak terlalu jauh dari kampus, lebih asyik kalau bersepeda ke sekolah. Badan sehat, bumi pun senang.

Daur ulang barang bekas
Coba deh untuk me-remake barang kita yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang berguna. Misalnya kain yang sudah terpakai, bisa kita sulap menjadi tas yang cantik. Dengan modal manik-manik atau sedikit cat warna, pasti kita sudah mendapatkan tas yang keren. Bisa juga untuk membuat bubur kertas dari koran-koran yang tidak terpakai, pengerjaannya pun mudah. Lalu biasakan untuk menggunakan kertas bekas untuk menulis sesuatu agar tidak boros pemakain kertas.

Mengurangi pemakaian
          Kalau lagi makan di restoran cepat saji, hindarilah penggunaan stereofoam. Selain zat yang terkandung dalam stereofom berbahaya bagi kesehatan, kita juga dapat menghemat penggunaan plastik. Kalau perlu, kita dapat membawa sendiri alat makan seperti tempat makan atau botol minum. Kemudian cobalah mengurangi pemakaian tissue dan menggantinya dengan saputangan. Selain itu, berusahalah untuk tidak berbelanja menggunakan kantong plastik. kita dapat membeli tas berukuran besar untuk menaruh belanjaan dan tas itu kemudian dapat dipakai berulang kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar